Energi itu, masih terjaga dengan baik

(Berita menyambut 13 Tahun Bangbang Wetan)

Kami seperti sedang lari marathon, sesudah diamanati menyelenggarakan pentas teater sengkuni, kali ini kami sedang duwe hajat menyelenggarakan acara spesial. Sebagai rasa syukur kepada BangbangWetan, pada tanggal 15 September 2019, bertempat di Halaman stasiun TVRI jawa timur Surabaya, kami kembali tandang gawe; tetap dengan semangat yang sama dengan ketika persiapan penyelenggaraan pentas teater Sengkuni beberapa bulan lalu. Bukti nyatanya ketersambungan dan keterjagaan semangat kami adalah tersambungnya fungsi properti seperti gate: yang dipakai ketika pentas teater sengkuni dan berlanjut dimanfaatkan kembali untuk dekorasi backdrop panggung agar lebih bernuansa spesial berkat simpanan pengalaman kreatifitas acara sebelumnya.

 

 

Ada suatu hal yang menarik untuk diceritakan kepada dulur-dulur, bahwa didalam diri kami, pegiat BangbangWetan punya tradisi tandang gawe: baru giat, nggetih dan toh pati ketika mendekati H- berlangsunya acara. Tapi tradisi itu bukan pertanda bahwa kami pemalas dan ngentengno lo ya. Lebih tepatnya karena kami yakin, bahwa dalam situasi yang genting, kepepet, dan ndadak itulah:  kreatifitas, kesungguhan niat baik dan tandang kami ditempa. Karena menurut yang kami dengar dari pitutur Mbah Nun, kreatifitas akan lahir didalam situasi genting, atau kepepet. Jadi itulah dasar gerak tandang kami. Dan didalam situasi itulah banyak diantara diri kami mengalami suatu keajaiban kecil walaupun menurut Tuhan kadar pertolongannya sama, hanya saja menurut kami konteks dan ruang wilayahnya kecil.

 

 

Contoh kecilnya kali ini tetiba ada sumbangan banner dengan motif batik dari salah seorang yang masih bagus, otomatis kreatifitas kami hidup dengan  mengolahnya menjadi kebermanfaat yang sangat epic. Dan satu lagi, moro-moro datang tenaga ahli  bernama Cak Faisol, dengan logat madura-nya disambi garap plamiran, beliau mengajak berkelakar dan mengeluarkan jurus jokes kas madura-nya. Memantik kami untuk tertawa, terlepas bersama keletihan kita melahirkan energi kesegaran kembali. Selanjutnya kami tunggu kedatangan dulur-dulur volunter yang bersedia bantu tenaga untuk datang langsung ke TVRI untuk nandangi dekorasi dan persiapan menyambut rasa syukur bersama atas terselenggaranya BangbangWetan yang sudah mengalami 13 tahun putaran. Ayo dulur, kita tandang bebarengan.

Surabaya, 14 september 2019