FJR; Serius tapi Santai

Untuk kedua kalinya berturut-turut, Forum Jum’at Rono-rene ( FJR) diselenggarakan di kompleks Balai Pemuda Surabaya. Setelah pada Jumat sebelumnya melingkar di teras Perpustakaan Umum, kali ini (Jumat, 12 Juli 2019) sedikit bergeser ke teras Gedung Balai Pemuda.

Seperti FJR sebelumnya, kali ini pun juga tampak wajah-wajah baru yang hadir. Mereka mengetahui info dari undangan yang memang sengaja disebar via media maya beberapa hari sebelum hari H. Ini juga membuktikan bahwa FJR merupakan sebuah endapan terbuka yang boleh dihadiri oleh siapa saja. Tak ada yang namanya penggiat dan Jemaah Maiyah biasa, tidak ada pula jemaah baru dan lama.

FJR yang dimulai pukul 21.45 ini memfokuskan pembahasan pada tema, prolog, dan poster BangbangWetan yang insyaallah akan dilaksanakan pada tanggal 19 Juli besok. Tapi jangan dibayangkan bahwa FJR merupakan forum serius belaka, karena hal serius pun bisa juga dilakukan dengan bumbu-bumbu candaan tanpa menghilangkan esensi ke-FJR-an.

Apa hasil dari FJR malam itu? Para jemaah bisa merasakannya saat BangbangWetan Juli esok. Sampai jumpa di Majelis BangbangWetan. Semoga FJR selanjutnya bisa semakin menambah rasa paseduluran diantara Jemaah Maiyah. Kami tunggu dulur-dulur sekalian di FJR selanjutnya.

[Isim BangbangWetan]