Rahim

Guru Musik, Tasawuf Cinta, dan Ilmu Kehidupan

Oleh : Mashita Charisma Dewi Eliyas

Pagi  itu  (Senin,  5  Juli  2021),  saya  kembali  mendapat  kabar  duka.  Salah satu guru  Maiyah meninggalkan kami, para Jamaah Maiyah, lagi. Mas Beben Jazz, salah satu panutan kami dalam menempuh ilmu kehidupan telah dipanggil oleh Allah Swt. Beliau telah purnatugas di dunia dan hidup abadi di akhirat bersama para kekasih Allah lainnya.

Maret lalu, beliau menjadi salah satu acuan saya dalam menulis reportase BangbangWetan edisi Maret 2021. Dari apa yang diutarakan beliau pada BangbangWetan yang bertema “Merawat Musim Menjaga Iklim” tersebut, terdapat banyak ilmu kehidupan yang bisa saya ambil. Mulai dari ilmu tasawuf, pernik tentang tenaga pendidikan, hingga kisah pencarian Tuhan melalui apa yang beliau tekuni; musik.

Tentang topik tenaga pendidikan sendiri beliau mengutarakan bahwa hanya ingin menyalurkan apa yang dimilikinya agar bermanfaat bagi banyak orang. Masih pada BangbangWetan edisi Maret, ternyata beliau juga bercerita bahwa sempat menjadi pegawai kantoran selama bertahun-tahun. Akan tetapi Allah berkehendak lain, dengan keahlihan bermusik dan kedekatannya pada musik, ia memilih garis hidup menjadi musikus. Hal itu pula yang akhirnya membawanya menemukan Tuhan melalui musik Jazz.

Saya pribadi tidak mengenal beliau secara personal. Akan tetapi, beliau telah berhasil menumbuhkan semangatku untuk kembali menulis. Sekaligus memberikan pengajaran tentang ilmu kehidupan di segala macam bidang seperti yang dibicarakan saat BangbangWetan edisi Maret lalu. Mas Beben Jazz, terima kasih pernah memberi kami sedikit ilmumu yang engkau dapat selama bertugas di dunia. Saat ini panjenegan sudah bebas tugas di dunia. Bermaiyahlah di surga Allah bersama Kanjeng Nabi dan beberapa Marja’ Maiyah yang juga telah mendahului kami. Doakan kami di sini agar bermanfaat dan bisa melaksanakan tugas di dunia dengan baik.

Energi seseorang yang baik dan berilmu tidak akan pernah pudar meskipun raganya sudah tak lagi di dunia. Begitu pula dengan Mas Beben Jazz, jiwa bermusikmu akan selalu ada, tasawuf cintamu akan selalu terpancar, dan ilmu kehidupanmu akan selalu menjadi panutan bagi kami.

Husnul khatimah, Mas Beben Jazz.

Senin, 5 Juli 2021

Penulis adalah Jamaah Maiyah asal Sidoarjo yang berkecimpung dalam bidang pendidikan anak usia dini serta aktif menulis .Bisa disapa di akun instagram @sitaeliyas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *