Makan terus… Makan terus… Kalimat itu yang sering kami dengar dari salah satu rombongan #RihlahMandar. Mas Yunan dari simpul Gambang Syafaat, adalah sosok yang siap melantunkan jargon tersebut di setiap perjalanan menuju rumah warga saat kami diundang makan.

 

Benar yang kami dengar sebelumnya, “Di Mandar jangan khawatir lapar. Siapkan lambungmu dan pastikan timbangan badanmu akan naik saat pulang” kalimat itu yang sering diucapkan orang-orang sebelum kami menuju Tanah Mandar, tempat saudara tua berada.

 

Suasana di rumah salah seorang warga

 

Hampir seluruh anggota Teater Flamboyan selalu mengundang kami untuk sejenak singgah di istananya dan menjamu kami bak “raja sehari”. Beliau-beliau memang tidak pandang bulu, siapa pun yang datang pasti akan diperlakukan sama. Tidak peduli entah ia pejabat, artis, atau orang biasa.

 

Sajian ikan khas Mandar yang segar dan gurih selalu terhidang di meja. Saat salah satu dari kami terlihat pasif untuk meraup makanan yang disajikan pasti sang sohibul bait berkata “Ayo makan, jangan diet di sini.” Itu lah sejumput kemesraan dan kekeluargaan yang di suguhkan dua hari ini kepada kami yang telah dianggap anak oleh beliau-beliau.

 

Hidangan lengkap khas Mandar

 

Makan terus… Makan terus… Akan selalu terdengar dari suara Mas Yunan dua hari ke depan saat kita ditawari makan sehari enam kali. Jangan pernah heran kenapa di twitter dengan tagar #RihlahMandar adalah posting tentang makanan dan piring kosong.

 

Selamat berjuang, lambung dan seperangkat alat cerna. Selamat bertambah angka timbangan. (MC)

(Mandar, 22 November 2019)