Senja ini, Kamis (7/4), ada yang berbeda dari komplek Balai Pemuda, Surabaya. Salah satu cagar budaya yang terletak di jantung kota ini terlihat berwarna.

 

Perlu diketahui, malam hari ini adalah hari pertama diselenggarakannya Sengkuni2019 oleh Teater Perdikan yang naskahnya ditulis langsung oleh Mbah Nun. Sengkuni2019 yang diselenggarakan di Surabaya merupakan pagelaran kedua setelah tuntas dilaksanakan di Taman Budaya Yogyakarta pada 12-13 Januari 2019 lalu.

 

Panitia yang nggelar kloso sejak Selasa pagi sampai sore ini tampak stand by di pos masing-masing. Sama sekali tidak menampakkan raut lelah walaupun mereka tidak berhenti nggiling demi presisinya pementasan Sengkuni2019 ini.

 

Sejauh ini terlihat para penonton mulai memadati komplek Balai Pemuda, antre untuk melakukan screening tiket yang diletakkan di sisi kiri pintu masuk. Animo yang besar ditunjukkan dengan total tiket yang terjual. Ticket box yang dibuka sejak pagi untuk pembelian on the spot, kini hanya tersisa beberapa lembar saja.

 

Rara, salah satu penonton yang jauh-jauh dari Magetan, mengaku datang ke Surabaya hanya demi menonton Sengkuni2019. Ia mengaku mendapat informasi mengenai pementasan Sengkuni2019 di Surabaya melalui sebuah akun Instagram yang biasanya memberi informasi mengenai Maiyahan. Ketika ditanya perihal apa yang membuatnya tertarik untuk menonton Sengkuni2019, ia mengungkapkan bahwa dirinya penasaran dengan cerita Sengkuni2019. “Sengkuni itu kan orang jahat,” imbuhnya saat ditanya mengenai kesan yang selama ini ia ketahui tentang siapa itu Sengkuni.

Juga terlihat di sisi utara Balai Budaya para pemain dan kru Sengkuni2019 yang sedang mempersiapkan diri untuk melaksanakan keharusannya pada malam hari ini. Diharapkan Sengkuni2019 ini mampu menjadi pembelajaran bersama dalam menentukan ketepatan sikap kedepannya, seperti apa yang dituturkan Pak Nevi salah satu tokoh kunci dalam Sengkuni2019.

 

Sengkuni2019 di Surabaya ini dilaksanakan selama dua hari, yakni Kamis-Jumat, 7-8 Maret 2019 sejak pukul 20.00 WIB. Open Gate sendiri sudah dilakukan sejak pukul 18.00 WIB. (RH/RR/Red)