Berita

Rembug Agawe Mulya (Kongres Pemadatan ISIM BbW)

wpid-IMG-20150320-WA0013.jpg

 

Acara rembug yang digagas oleh penggiat BangbangWetan ini untuk menindaklanjuti Silaturahmi Penggiat Maiyah di Baturraden, tanggal 5-7 Desember 2014, yang merupakan majlis para penggiat se-Nusantara untuk rembug bareng tentang rencana simpul-simpul Maiyah ke depan dalam bingkai rumaketing paseduluran. Dalam majlis tersebut terlebih dulu berdiskusi tentang identifikasi peran diri terhadap simpul Maiyah masing-masing. Pertemuan tersebut Cak Dil memaparkan penjelasannya tentang Rumah Induk Maiyah yang terdiri dari Dzat, Sifat, Isim dan Jasad.

Seusai pertemuan di Baturraden tersebut, dalam tataran Isim BangbangWetan ini terdapat suatu kesadaran bahwa memang perlu adanya pergerakan hijrah dari titik sebelumnya agar internal Isim pun bisa saling tumbuh dan berkembang. Karena itu metode penguatan ataupun pemadatan dalam internal Isim pun perlu dilakukan, salah satunya dengan merapikan sistem pengorganisasian struktur sehingga memperjelas tanggung jawab dulur-dulur penggiat.

Selasa, 24 Maret 2014 pukul 19.00 WIB di Gedung Merah Putih Komplek Balai Pemuda Surabaya, rembug bareng dulur-dulur Maiyah BangbangWetan digelar. Konsep pertama yang ditawarkan panitia rembug bareng ini adalah konsep Kongres. Namun untuk menjaga cairnya suasana Majlis BangbangWetan seperti biasanya, acara Rembug Isim BangbangWetan ini dikemas dengan format lesehan dengan tidak menghilangkan adanya pimpinan forum sebagai perangkat yang memimpin jalannya forum agar tetap pada jalurnya.

Majelis kongres ini mengundang para Sifat dan Isim Pusat serta Sifat BangbangWetan sendiri, dalam majlis inipun jasad ikut terlibat untuk hadir. Jamaah Maiyah serta tamu undangan dari simpul-simpul Maiyah terdekat mengisi daftar hadir dan mendapatkan modul wacana struktur Isim serta tulisan Cak Nun tentang Bangbang Isim, sembari itu jamaah dipersilahkan bisa mengambil coffee break yang dipersiapkan panitia.

Pukul 19.30, acara dibuka oleh Gus Luthfi dengan bersholawat bersama dan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh mas Adhon. Selanjutnya mas Fajar selaku ketua panitia memberikan sambutannya, dan Pak Dudung selaku Gubernur BangbangWetan menguraikan maksud diadakannya Kongres kali ini.

IMG_3712

Kemudian acara mengalir ke tahap pembekalan yang disampaikan Cak Zaki dan Cak Nang selaku perwakilan Sifat Pusat, selain itu pembekalan dan pewedharan juga disampaikan Pak Suko, Cak Priyo, dan Cak Rachmad selaku Sifat BangbangWetan.

IMG_3733

 

IMG_3674

Dalam majlis ini mas Gandhie, mas Helmy dan mas Hariyanto perwakilan Isim Pusat memaparkan terbentuknya Isim sendiri.

IMG_3687IMG_3688

Menginjak pukul 21.30, acara inti tentang rembug bareng ini dimulai. Mas Ranu memimpin forum yang kemudian dilanjutkan mas Rio memresentasikan hasil Struktur Isim BangbangWetan yang sudah dirumuskan sebelumnya melalui beberapa kali pertemuan para penggiat dengan para Sifat.

Sifat BbW sebagai tataran yang lebih tinggi telah menerjemKongres BBWahkan kekarepan pemadatan Isim, dengan musyawarah mufakat disepakati bahwa konsep distribusi kerja BangbangWetan ini dipimpin oleh Gubernur, yakni Pak Dudung, kemudian dibawahnya terdapat Sekjen yang diamanahkan kepada mas Amin dan bendahara diamanahkan oleh mbak Isa dan mas Ibnu.

Sementara itu terdapat tiga bidang, yaitu bidang Forum BbW yang diamanahkan kepada mas Very sebagai koordinatornya, Humas diamanahkan kepada mas Agung Trilaksono dan Sekretariat diamanahkan kepada mas Fajar.

Didalam bidang Forum BbW terdapat Sie. Tema; Sie Ngaji, Deres, Sholawat dan Kesenian; Sie Perlengkapan; Sie Reportase. Sementara bidang Humas didalamnya terdapat Sie Perijinan; Sie Publikasi; Sie Regenerasi; Sie Sambung Berkah. Dan Bidang Sekretariat didalamnya terdapat Sie Administrasi; Sie Pengarsipan dan Dokumentasi; Sie Bank Data.

Sebelumnya terdapat 31 penggiat yang telah mengisi bidang, namun bidang-bidang tersebut masih sangat membutuhkan pengisi ruang dari teman-teman jamaah yang hadir. Para jamaah menyambut dengan antusias bahwa mereka siap membantu. Sejumlah 41 jamaah menuliskan nama masing-masing, kontribusi bidang dan kontak yang bisa dihubungi. Selain itu dalam rembug ini, jamaah yang hadir memberikan masukan-masukan untuk langkah kedepan BangbangWetan.

Seusai berdiskusi, Pak Dudung kemudian memaparkan pendanaan forum BangbangWetan selama ini. Pengeluaran dan pemasukan BangbangWetan dijelaskan dengan perhitungan neraca sederhana dengan saldo yang defisit, Pak Dudung memberikan pintu kepada para jamaa h yang ingin berkontribusi melalui pendanaan. “Sebenarnya yang terpenting bukan nilai rupiahnya, ada yang jauh lebih penting, yakni keberkahan,” tutup Pak Dudung.

Setelah itu Cak Zaki meresmikan Struktur Isim BangbangWetan pukul 23.59 WIB dengan ketukan palu. Dengan peresmian tersebut, rangkaian acara berakhir dan ditutup sholawat bersama yang dipimpin Gus Luthfi. Kemudian lantunan Shohibu Bayti dan do’a membuat suasana majlis semakin khusyuk.

IMG_3743IMG_3749

 

 

Shohibu Bayti.. Shohibu Bayti…

Imamu Hayati.. Imamu Hayati…

Mursyidu Imani, Anta Syamsu Qolbi, Qomaru Fu’adi…

Yaa Qurotu ‘Ain… 

Syafi’u Nashibi, Yaa Maula Jihadi, Ufuqu Syauqi…

Yaa Babu Akhiroti…

 

 

(red. Masfufatul Qibtiyah)

(foto: Deny Lensa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.