Redaksi

TAAT ITU KUNCINYA DI ” SUKARELA “

img_0685

[ BERITA MAIYAHAN BANGBANGWETAN OKTOBER 2016 ]

( 16/10 ).Setelah dua bulan berturut-turut diselenggarakan di bawah tegaknya Tugu Pahlawan, BangbangWetan (BbW) edisi Oktober 2016 bergeser dalam teduhnya pendopo di Komplek Taman Budaya, JL. Genteng Kali 85, Surabaya. Forum bulanan yg diadakan tepat pada 16 Oktober ini mengangkat tema “TAAT”. Sebuah tema yg compatible dengan realita terlebih kehidupan masyarakat saat ini, baik dalam skala regional Jawa Timur maupun nasional.

 

Selain dihadiri oleh Kyai Muzammil dan Mas Sabrang MDP sebagai pembicara utama, BbW bulan ini juga dihadiri Unit Kegiatan Mahasiswa “Cinta Rebana” Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang bersama jamaah melantunkan shalawat-shalawat dengan rampak irama rebana. Tak lupa juga Mbak Winda yang menjelaskan tentang lingkar Maiyah Banjarmasin.

 

Kyai Muzammil memulai uraian tema dengan menjelaskan kata taat yang berasal dari bahasa Arab yaitu tha’ah, yang bermakna kesukarelaan anda dalam melakukan sesuatu. Taat berbeda dengan patuh. “Kalau tidak sukarela maka bukan taat,” terang Kyai Muzammil. Hal tersebut didasarkan dari dua surat dalam Al-Quran yaitu surat Fushilat:11 dan surat Ar-Ra’du:15.

 

Dalam uraiannya, Mas Sabrang sejalan dengan Kyai Muzammil tentang makna taat. “Taat kata kuncinya adalah sukarela,” Kata Mas Sabrang. Pekerjaan yang dilakukan secara sukarela tidak terdapat keterpaksaan. Tuhan akan membukakan pintu kepada mereka yang bersungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu, tanpa pamrih, dan tidak menempatkan bahagia pada garis finish. Sebab pada ketaatan itulah letak bahagia.

 

Mas Sabrang juga menjelaskan tentang tiga metodologi tingkat ketaatan manusia, yaitu sukarela tetapi hati terpaksa, benar-benar sukarela, dan tingkat tertinggi adalah ikhlas.

 

Forum yang juga diisi oleh pembacaan puisi Cak Nun berjudul “Kemana Anak-anak Itu” oleh Mas Rio NS., Mas Tara, dan Mas SW. Mahendra tersebut diakhiri menjelang subuh dengan meninggalkan kesan kepada para jamaah yang hadir.

Red: ISIMBangbangWetan (wf/ma)