Berita

WaliRaja-RajaWali Sambang Surabaya

Dua tahun lebih pandemi telah memaksa kita untuk “kembali” dalam pengertian yang paling wadag: kembali untuk pulang dan berdiam. Semestinya hal tersebut bisa menjadi sebuah pengendapan dan permenungan. Meskipun harus kita akui, tidak seluruhnya memiliki priviliege bahwa rumah memberikan atmosfir permenungan.

Apapun itu, dua tahun lebih pandemi sedikit banyak pasti memberikan sudut, cara dan jarak pandang terhadap sesuatu. Termasuk mencermati dan memaknai peristiwa. Salah satunya adalah: teater WaliRaja-RajaWali. Sebuah judul lakon teater terbaru dengan naskah yang ditulis Mbah Nun (Emha Ainun Nadjib) dengan sutradara Jujuk Prabowo. Pementasan teater pertama seusai jeda pandemi ini akan dipentaskan oleh Teater Perdikan berkolaborasi dengan seni tari oleh Komunitas Lima Gunung dan aransemen musik oleh KiaiKanjeng.

Seusai kesuksesan pementasan perdana di Taman Ismail Marzuki, Jakarta pada 13 Agustus 2022 lalu – WaliRaja-RajaWali akan bertandang ke Surabaya, di area terbuka Tugu Pahlawan. InsyaAllah pada hari Jum’at, 23 September 2022, beririsan dengan 16 tahun forum seribu podium, Majelis Masyarakat Maiyah BangbangWetan.

Setelah beberapa waktu, seni pementasan susah payah beradaptasi di dunia digital; lakon WaliRaja-RajaWali yang dipentaskan di tempat terbuka dan tanpa tiket pasti akan menambah kekayaan sudut, cara dan jarak pandang terhadap segala sesuatu. Setidaknya, kita audiens bisa “lebur” dalam pementasan itu sendiri, di alam terbuka.

Pementasan ini disengkuyung bareng dalam paseduluran oleh publik, sebagai salah satu ejawantah dari wujud partisipasi aktif publik dalam menyediakan pementasan yang berkualitas namun tetap bisa diakses oleh siapapun saja.

Diperkirakan kebutuhan dana untuk pementasan ini sebesar Rp. 300.000.000,- yang saat ini telah terkumpul Rp. 95.760.000,- dari donasi dan dukungan terbuka publik. Jika Anda berkehendak untuk bersama nyengkuyung pementasan ini, bisa menghubungi +62 813-9118-2006 dengan nomor rekening 4650724807 (Bank BCA a.n. Mashita Charisma Dewi Eliyas) atau di kanal media sosial Bangbang Wetan.

Kita bertemu di Tugu Pahlawan, 23 September 2022, mensyukuri nikmat paseduluran dan merayakan sinergi kolaborasi sesama manusia. Salam.

Beberapa catatan lepas mengenai persiapan dan pergelaran ini bisa disimak dari tautan-tautan berikut:

BangbangWetan Semburato oleh Agung Trilaksono

Dukungan Kalian, Penyemangat Kami oleh Mashita Charisma Dewi E

Setangguh Rajawali, oleh Anisa Hadiati

Menemukan kembali Diri Nusantara oleh Alif Lestari

Keberadaan yang belum teraba oleh Maulin

We’re hiring: WaliRaja oleh Rio NS

BangbangWetan Semburato (2) oleh Agung Trilaksono

Tangis Ibu Pertiwi oleh Alif Lestari

Menyelipkan Harapan dan Doa di Indahnya Persembahan oleh Mashita Charisma Dewi E

Perlengkapan: More Than Just Labor oleh Wahyoko Fajar

Mereka… Gairahwan… Syukurwan… Nikmatwan… * oleh Wahyoko Fajar

Leave a Reply

Your email address will not be published.